5.942 Peserta Daftar Seleksi Program S1 Timur Tengah

By Admin

nusakini.com--Sebanyak 5.942 peserta ikuti Ujian Seleksi Beasiswa dan Non Beasiswa program S1 ke Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah tahun 2017. Ujian seleksi ini digelar serentak pada Kamis (25/05) di 12 lokasi ujian. 

Masing-masing lokasi memiliki jumlah pendaftar yang bervariasi. Pendaftar terbanyak di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebanyak 1961 peserta. Sedang pendaftar paling sedikit di UIN Antasari Banjarmasin sebanyak 107 peserta. Adapun jumlah pendaftar pada sepuluh lokasi lainnya berkisar dari 139 - 828 peserta. 

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Abd A'la mengatakan bahwa terdapat 297 pendaftar seleksi dengan lokasi UIN Sunan Ampel. Dari jumlah itu, 207 peserta hadir mengikuti seleksi ini. 

"Semangat dan antusiasme masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah sangat tinggi. Tentu, program ini sangat membantu untuk memfasilitasi calon mahasiswa melanjutkan pendidikan," terang Abd. A'la saat meninjau seleksi, Kamis (25/05), di Surabaya. 

"Kami mengapresiasi semangat peserta ujian yang terus berjuang demi mendapatkan cita-cita walaupun ada juga yang sedang dalam kondisi kurang sehat," ungkapnya. 

Tim penguji dari Center of Excellence in Teaching and Testing of Arabic (CETTA) Abdul Kadir Riyadi menuturkan, bahwa materi ujian terdiri dari ujian tulis berbahasa Arab dengan materi pemahanan teks Bahasa Arab dan Pengetahuan Agama Islam. Selain itu, ada ujian lisan dengan materi percakapan, terjemah dan hafalan/bacaan al-quran minimal 2 juz. 

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Nizar Ali dalam rilisnya mengatakan bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pemerintah Indonesia dengan keempat negara tujuan dalam bidang pendidikan yaitu Mesir, Maroko, Sudan, dan Lebanon. Menurutnya, minat calon mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Timur Tengah terus mengalami peningkatan.

"Jumlah pendaftar tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, kami menggelar seleksi untuk mengukur minat dan kualitas calon mahasiswa," kata Nizar. 

Berikut ini data jumlah pendaftar Seleksi Beasiswa dan Non Beasiswa program S1 ke Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah tahun 2017: 

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta _1961 pendaftar 

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_828 peserta

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang_607 pendaftar

4. UIN Gunung Jati Bandung_519 pendaftar

5. UIN Sultan Syarif Kasim Riau_447 pendaftar 

6. UIN Alauddin Makassar_328 pendaftar

7. UIN Ar Raniry Banda Aceh_302 pendaftar

8. UIN Sunan Ampel Surabaya_297 pendaftar,

9. UIN Raden Fatah Palembang_216 pendaftar  

10. UIN Sumatera Utara_191 pendaftar

11. PP Darussalam Gontor_139 pendaftar, dan

12. UIN Antasari Banjarmasin_107 pendaftar

Hasil seleksi ujian ini akan diumumkan oleh Kementerian Agama pada 6 Juni 2017 melalui website www.diktis.kemenag.go.id. (p/ab)